Pengenalan Microsoft Excel 2010, Mengenal Menu dan Fungsi menu Microsoft Excel

        Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi yang merupakan bagian dari aplikasi Microsoft Office yang berfungsi untuk pengolahan angka. formula yang digunakan dalam aplikasi ini berfungsi untuk membantu anda dalam mengerjakan berbagai macam proses perhitungan yang tepat, cepat dan otomatis.

         Dalam microsoft excel kita dapat melakukan perhitungan yang sederhana sampai data yang sangat sulit untuk kita hitung, kita dapat menjumlahkan, mengurangkan,membagi dan mengalikan data baik yang berentuk angka, data yang berupa teks ataupun kombinasi dari data-data tersebut.

      Menu dan Fungsi dari menu microsoft Excel

A. HOME

1. Clipboard
  • Paste berfungsi untuk menempelkan yang sudah kita copy
  • Cut berfungsi untuk memindahkan data ke tempat lain yang kita inginkan dengan bantuan Paste
  • Copy berfungsi untuk menyalin data yang hendak kita salin dengan bantuan Paste
2. Font
  • Font yaitu berfungsi untuk mengubah jenis huruf sesuai yang kita inginkan
  • Font size yaitu berfungsi untuk memilih ukuran huruf yang kita inginkan
  • Bold yaitu untuk mempertebal huruf
  • Underline yaitu untuk memberi garis bawah pada data yang kita pilih
  • Italic yaitu untuk memiringkan kata yang kita pilih
  • Border yaitu untuk memilih atau mengubah garis tepi
  • Color yaitu untuk mengatur warna
3. Alignment
  • Align Text Right yaitu untuk rata kanan
  • Center  untuk rata tengah
  • Align Text Left yaitu untuk rata kiri
  • Marge & Center yaitu untuk menggabungkan sel yang kita pilih
4. Number yaitu untuk mengatur data nomor

  • General yaitu berfungsi untuk memilih format angka dengan cara mengklik tanda panah ke bawah disampingnya general, disitu akan muncul beberapa pilihan format.
  • Currency yatu berfungsi untuk mengatur mata uang.
  • Percent yaitu berfungsi untuk memberi persentase pada angka didalam suatu sel
  • Coma yaitu berfungsi untuk memberi tanda koma pada angka didalam suatu celah
  • Desimal yaitu untuk mengurangi dan menambah angka desimal dibelakang koma.
5. Style
  • Conditioner formating yaitu untuk mengatur format terkondisi.
  • Format as table yaitu berfungsi untuk mengatur format warna dan huruf tablet secara cepat
  • Cell style yaitu berfungsi untuk mengatur format warna dan huruf pada sel
6. Cell
  • Insert yaitu untuk menambah sel yang ingin dibuat
  • Delete yaitu untuk menghapus sel
  • Format berfungsi untuk mengatur format sel
7. Editing
  • Autosum yaitu cara pintas untuk menjumlahkan angka
  • Fill yaitu untuk membuat pola angka secara continue
  • Clear yaitu untuk menghapus segalanya dari sel
  • Sort & filter yaitu untuk mengatur posisi data agar mudah dalam penganalisis
  • Find & select yaitu untuk mencari dan melakukan penyeleksian terhadap teks dalam workshop.
B. INSERT

1. Tablet
  • Pivot tablet yaitu untukenambahakan tablet pivot
  • Table yaitu untuk membuat tablet
2. Ilustration
  • Picture yaitu untuk menambahkan gambar yang tersimpan di dokumen pribadi
  • Clip art yaitu untuk menambahkan gambar bawaan dari Ma Excel 2010
  • Shape yaitu untuk menambahakan bentuk yang kita inginkan
  • Smart art yaitu untuk menyisipkan objek Smart art
3. Charts
  • Colour yaitu untuk menyisipkan grafik
  • Line yaitu untuk menyisipkan grafik garis
  • Pie yaitu untuk menyisipkan grafik lingkaran
  • Bar yaitu untuk menyisipkan grafik batang
  • Area yaitu untuk menyisipkan grafik area
  • Scatter yaitu untuk menyisipkan grafik distribus
  • Other Charters yaitu untuk menyisipkan berbagai grafik yang kita inginkan
4. Sparklines yaitu berisi line, column dan win/loss

5. Text
  • Textbox yaitu berfungsi untuk menyisipkan kotak teks
  • Header & footer, word art yaitu untuk membuat huruf menjadi lebih indah
  • Signature Line yaitu untuk membuat garis tanda tabgan
  • Objek yaitu untuk menyisipkan objek-objek tertentu
6. Symbols

  • Equation yaitu untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan yang terutama berhubungan dengan bidang matematika
  • Symbol yaitu untuk menyisipkan karakter-karakter khusus

C. TAB PAGE LAYOUT

1. Themes

  • Theme yaitu untuk mengubah tampilan tema
  • Color yaitu berfungsi untuk mengubah warna tema
  • Font yaitu untuk mengubah huruf tema
  • Effect yaitu untuk mengubah efek tema
2. Page Set Up
  • Margin yaitu untuk mengubah garis tepi halaman
  • Orientation yaitu untuk mengubah orientasi halaman
  • Size yaitu untuk mengubah ukuran kertas
  • Print Area yaitu untuk menentukan area yang akan dicetak
  • Breaks yaitu untuk menentukan pemisah halaman
  • Background yaitu untuk menentukan gambar latar atau wallpaper
  • Print Title yaitu untuk menentukan Barus atau kolom yang akan dicetak
3. Sheet Option
  • Gridlines yaitu untuk mengatur tampilan garis grid pada kertas
  • Heading yaitu untuk mengatur tampilan header
4. Scale to Fit
  • Width yaitu untuk menentukan lembar kertas
  • Height aitu untuk menentukan tinggi atau panjang kertas
  • Scale yaitu untuk memperbesar dan memperkecil tampilan kertas sesuai dengan persentase
5. Strange
  • Bring to front yaitu untuk mengubah objek ke depan
  • Send to back yaitu untuk mengubah posisi objek menjadi kebelakang
  • Select month pane yaitu untuk menampilkan papan seleksi objek
  • Align yaitu untuk meluruskan objek
  • Group yaitu untuk mengelompokkan objek
  • Rotate yaitu untuk menentukan posisi objek dengan melakukan rotasi atau perputaran objek.
D. TAB FORMULAS

1. Function library
  • Insert function yaitu untuk menyisipkan fungsi pada sel yang dipilih
  • Autosum yaitu untuk menghasilkan hasil perhitungan sederhana
  • Recently used yaitu untuk menampilkan fungsi yang baru digunakan
  • Financial yaitu sebagai fungsi keuangan
  • Logical yaitu sebagai fungsi logika
  • Text yaitu sebagai fungsi teks
  • Date & Time yaitu sebagai fungsi tanggal dan waktu
  • Lookup & Reference yaitu sebagai fungsi lookup dan keterangan
  • Math & trig yaitu sebagai fungsi matematika dan trigonometri
2. Second Names
  • Name Manager yaitu sebagai mengatur semua nama yang ada di workbook
  • Define name yaitu untuk menemukan gambaran atau acuan rumus melalui nama-nama yang ada di sel
3. Calculation
  • Calculation option yaitu untuk menentukan format perhitungan
  • Calculate now untuk menghitung lembar kerja yang ada saat sekarang
  • Calculate sheet yaitu untuk menghitung lembar kerja yang digunakan.
E. TAB DATA

1. Get External Data 

  • From Access berfungsi untuk mengambil data dari data file Microsoft Office Access
  • From The Web berfungsi untuk mengambil data dari web
  • From Text berfungsi untuk mengambil data dari file teks
  • From Other Sources yaitu berfungsi untuk mengambil data dari sumber data lain
  • Existing Connection yaitu berfungsi untuk mengambil data dari sumber data dari sumber yang pernah digunakan
2. Data Tools
  • Text To Columns berfungsi untuk memisahkan isi sebuah sel menjadi beberapa kolom yang terpisah
  • Remove Duplicates berfungsi untuk menghapus garis yang sama
  • Data Validation artinya mencegah data yang valid masuk ke sel
  • Consolidate artinya menyatukan nilai beberapa range kedalam satu range
3. Outline
  • Group berfungsi untuk mengelompokkan baris sel sehingga dapat memendek dan memanjang
  • Ungroup berfungsi untuk memisahkan sel yang mengelompok
  • Subtotal berfungsi untuk menghitung total beberapa baris sel yang berhubungan
F. REVIEW 

1. Proofing 
  • spellling berfungsi untuk engecek ejaan dan tata bahasa
  • Research yaitu berfungsi untuk membuka panel penelitian referensi
  • Translate yaitu untuk menerjemahkan
2. Comment 
  • New comment berfungsi untuk menambhak komentar
  • Delete berfungsi untuk menghapus komentar
  • Previous yaitu untuk menghaspuskan komentar sebelumnya 
  • Next yaitu untuk menghapuskan komentas selanjutnya
  • Show all Comments berfungsi untuk memperlihatkan keseluruhan komentar
Baca juga :
https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/membuat-daftar-isi-dengan-tabulasi-dan.html?m=1Membuat daftar isi dengan tabulasi dan table contents microsoft word

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drop Cap, Columns, Header Dan Footer, Clip Art, Watermark, Page Border, Small Art, Footnote dan Comment