Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu dan Fungsi Menu Ms Word 2010





A.Pengenalan Microsoft Word 2010 
         Microsoft Word 2010 adalah program pengolahan kata non-bebaskomersial yang dirancang oleh microsoft. ini pertama kali dirilis pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk sistem Xenix.
         Microsoft Word 2010 adalah program pengolahan kata yang terbaru dan itu adalah salah satu yang banyak digunakan dari Pack Microsoft Office. Program Microsoft Word 2010 sangat canggih dan digunakan untuk menyusun surat, lapran, makalah akademik, referensi, riwayat hidup, esai, makalah, artikel, novel dan lain sebagainya.
        Menggunakan microsoft word 2010 untuk menulis teks-teks ini sangat berguna karena memiliki banyak fitur yang membuat proses cepat dan agak mudah. dengan Ms Word 2010 anda dapat benar-benar tidak hanya menulis teks tetapi juga membuat tabel, menulis makalah, daftar isi.

1. Memulai Microsoft Word 2010
          pertama tama anda harus tau bagaiman untuk memulai dan untuk melakukan ini anda harus pergi kemenu start dan kemudian kesemua program yang harus diikuti oleh Microsoft Office dan akhirnya Microsoft Word 2010.

               Start ®All Program ®Microsoft Office® Microsoft Word 2010

jika anda memerlukan menggunakan Microsoft Word 2010 sering anda juga dapat menetapkan icon word 2010  pada menu start dan cara ini dapat anda dapat memiliki akses yang lebih baik, lebih mudah dan lebih cepat ke aplikasi. Untuk menempatkan Microsoft Word 2010 ikon di start menu yang harus anda lakukan adalah mengikuti rute tersebut di atas dan takik Microsoft Word 2010 untuk menu start. anda juga dapat melakukanini dengan mengklik kanan pada icon Microsoft Word 2010 dan memilih pin to start menu yang akan di tempatkan pada start menu bagi anda untuk memulai membuat dan mengedit dokumen terlihat profesional dan banyak lagi. 
berikut adalah rute untuk mengikuti menempatkan Microsoft Word 2010 icon di star menu :

Start Menu® Semua Program® Microsoft Office® Microsoft Word 2010® ( klik kanan) Pin Lembaran Baru

2. Mulai Menggunakan Microsoft Word 2010
           setelah Microsoft Word 2010 dokumen baru siap anda dapat memulai membuat surat, laporan, esi, makalah, dll. namun pertama-tama hal ini berguna untuk mengetahui apa yang tersedia dalam Microsoft Office 2010 Ribbon Word dan Office Button.

3. Menulis Teks dengan Microsoft Word 2010
        sementara mengetik teks pada Microsoft Word 2010  dan juga pada format lain, anda harus memastikan bahwa anda menyimpan dokumen secara teratur. Dengan Microsoft Word 2010, untuk menyimpan dokumen anda untuk pertama kalinya anda harus mengklik pada tombol file pada sisi kiri atas dan kemudian pada sisi kiri atas dan kemudian klik simpan. kemudian anda akan melihat bagian nama file dan disini anda akan mengetik nama anda akan menyimpan dokumen Ms Word. seharusnya anda akan memilih dimana anda akan menyimpan kata ini Microsoft Office 2010 dokumen ke dan anda dapat melakukkanya melalui sampai satu tombol level atau dengan hanya memilih dekstop, documents icon dll saya yang ditempatkan sisi kiri jendela.

4. Mengedit teks pada Microsoft Word 2010
       setelah anda menyelsaikan penyusunan teks dari word dokumen Microsoft 2010, anda dapat mengedit dokumen kata untuk dapat membuatnya terlihat lebih baik.  anda dapat membuatnya terlihat lebih formal  dengan membuat bebrrrapa perubahan dan penyesuain dengan menggunakan ikon pada tab Home di Ms Office 2010. Semua icon pada Ms Word 2010 dapat membantu anda untuk membuat dokumen anda terlihat jauh lebih baik dan profesional dan Ms Word 2010 benar-benar akan membuat segalannya jauh lebih mudah dan lenih cepat bagi penggunanya.

B. Menu dan Fungsi Menu Ms Word 2010 

  •  Menu pada file

  1. Save untuk menyimpan file yang telah kita buat ( Ctrl + S )
  2. Save as untuk menyimpan file yang kita buat dan disimpan sesuai
  3. Open untuk membuka file yang telah kita buat sebelumnya ( Ctrl + O )
  4. Close untuk menutup aplikasi microsoft word
  5. Info untuk mengetahui informasi tentang dokumen yang kita ketik
  6. Recent untuk melihat dokumen yang telah kita hapus sebelumya 
  7. New untuk membuka dokumen baru ( Ctrl + N )
  8. Print untuk mencetak dokumen yang telah kita buat
  9. Save dan send untuk menyimpan dokumen dan kemudian kita kirim
  10. Help untuk meminta bantuan-bantuan pada Microsoft Word 
  11. Options untuk mengatur pada microsoft Word 
  12. Exit untuk keluar dari Microsoft Word

  • Menu Pada Home
  1. Paste gunanya untuk menempelkan tulisan atau gambar yang sebelumya telah kita copy terlebih dahulu ( Ctrl + V )
  2. Cut digunakan untuk memotong sesuatu entah itu gambar atau apapun itu yang akan kita potong         ( Ctrl +  X) 
  3. Font digunakan untuk memilih jenis huruf yang akan kita ketik
  4. Font Size digunakan untuk mengukur beberapa ukuran huruf tang kita inginkan 
  5. B ( Bold ) digunakan untuk menebalkan warna ataupun angka sesuai dengan yang kita inginkan          ( Ctrl + B )
  6. I ( Italic ) digunakan untuk memiringkan huruf ataupun angka yang kita inginkan ( Ctrl + I )
  7. U ( Underline ) digunakan untuk membuat garis bawah pada suatu huruf dan angka ( Ctrl + U )
  8. Font color digunakan untuk memberi warna pada huruf atau angka
  9. Bullets digunakan untuk memberi tanda
  10. Numbering digunakan untuk memberi angka secara otomatis
  11. Align Teks Left tulisan rata kiri pada teks
  12. Center tulisan rata tengah pada teks
  13. Align Teks Right tulisan rata kanan
  14. Justify tulisan rata kiri kanan
  15. Line Paragraph Spacing untuk mengatur beberapa spasi paragraph pada tiap kalimat
  16. Decrease Indent seperti fungsi tab, tetapi ini tab kiri
  17. Increase Indent seperti fungsi tab, tetapi ini tab kanan
  18. Shading digunankan untuk memberi warna pada backround secara keseluruhan
  19. Sort mengurutkan sesuai abjad dari a-z ataupun sebaliknya
  20. Find  untuk mencari sebuah kata ataupun kalimat pada teks yang telah kita ketik
  • Menu pada Insert
  1. cover page digunakan untuk membuat cover seperti cover buku
  2. Blank page digunakan untuk membuka lembaran baru pada Ms Word
  3. Page Break digunakan untuk langsung menuju kehalaman berikutnya
  4. Table digunakan untuk membuat table
  5. Picture digunakan untuk memberi gambar
  6. Clip art digunakan untuk memberi Clipt art
  7. Shapes digunakan untuk memberi bentuk-bentuk yang kita inginkan
  8. Smart art digunakan untuk memberi diagram pada chart
  9. Chart digunakan untuk memberikan diagram yang kita inginkan
  10. screen shoot memasukkan gambar yang ada diluar windows yang program belum di minimize
  11. Hyperlink digunakan untuk membuat link menuju halam web, gambar atau alamat email
  12. Bookmark penanda hal tertentu pada dokumen
  13. Header  pengganti header pada dokumen
  14. Object untuk memasukkan suatu objek pada dokumen
  15. Symbol untuk memasukkan simbol yang tidak ada dalam keypad
  • Menu Pada Page Layout
  1. Theme untuk memberikan tema pada dokumen kita
  2. Them color untuk memberikan warna pada theme 
  3. Margins untuk mengatur tepi kanan, kiri, atas dan bawah
  4. Orientation untuk mengatur bentuk kertas pada saat kita mengetik
  5. size untuk mengatur ukuran kertas 
  6. Hyphenation untuk mengatur pemisah spasi antar huruf atau kata
  7. Watermark untuk memberikan tulisan yang kabur pada teks seperti ijasah
  8. Page color untuk memberikan warna pada dokumen kita
  9. Page Border untuk memberikan garis tepi pada setiap dokumen
  10. Spacing untuk memberi spasi tiap paragraph
  • Menu Pada References
  1. Insert citation untuk memasukkan kutipan
  2. Style untuk memilih gaya tulisan dalam kutipan
  3. Bibliography untuk memberi daftar pustaka
  4. Insert Caption untuk memberi foto dalam teks dengan penjelasan
  5. Insert Endnote untuk memberikan catatan akhir
  • Menu Pada Mailings 
  1. Star mail marge untuk memulai membuat surat
  2. address block menunjukkan alamat pada surat
  • Menu Pada Review
  1. Translate untuk menerjemahkan kebahasa yang kita inginkan
  2. Translate untuk menterjemahkan ke bahasa yang kita inginkan
  3. delete untuk menghapus komentar
  4. Previous untuk melihat komentar yang sebelumnya 
  5. Next untuk melihat komentar yang selanjutanya 

Baca juga : https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/membuat-daftar-isi-dengan-tabulasi-dan.html?m=1membuat daftar isi dengan tabulasi dan table contents microsoft word

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drop Cap, Columns, Header Dan Footer, Clip Art, Watermark, Page Border, Small Art, Footnote dan Comment